Perkembangan pun terjadi, setealh kuantitas, kemudian kualitas, kemudian kecepatan yang bila untuk suatu komoditas harga atau cost juga akan menjadi kriteria, maka adakah tambahan atau perkembangan kriteria yang lain ?
Melalui era informasi, yang semakin transparan atau terbuka, maka akhirnya berbagai proses produksi pun menjadi transparan. Artinya berbagai proses produksi pun menjadi transparan. Artinya berbagai proses untuk mencapai suatu produk atau suatu keberhasilan secara relatif juga akan semakin terbuka. Seberapa jauh suatu proses memenuhi kaidah – kaidah yang dianggap memenuhi standar moral yang berlaku, akan menjadi pertimbangan dalam proses memilih suatu produk bagi seorang konsumen atau sekelompok konsumen. Dimulai dari kaidah lingkungan hidup, beberapa perusahaan raksasa yang dianggap beroperasi tanpa mengindahlan kaidah lingkungan hidup terpaksa dilarang beroperasi di suatu Negara. Suatu produk, karena proses pembuatannya juga dinilai tidak sesuai dengan kaidah atau norma tertentu juga ditolak masuk suatu negara tertentu yang sanga ketat dalam norma tersebut. Singkat kata, mulai dari inisiatif, proses dan produk akan mendapat penilaian dari calon pengguna produknya untuk menentukan apakah akan menggunakannya atau tidak.
Dalam konteks demikian , maka perkembangan selanjutnya adalah di masa mendatang, penilaian terhadap suatu kineja merupakan penilaian kumulatif sejak inisiasi, proses dan produk, maka konsekuensi logis, moral produsen akan menjadi obyek penilaian, tidak hanya produknya saja. Disini duduk persoalan dimulai, bagaimana kita bekerja dengan menundukan norma moral sebagai hierarchy tertinggi.
Mari kita bermoral GIVER bukan TAKER, kunci sukses masa depan.
0 komentar:
Posting Komentar